Kemendagri Gandeng UGM dan Microsoft Wujudkan Smart City

2017/07/12
admin

Demi mewujudkan konsep smart city di Indonesia, Kementerian Dalam Negeri menggandeng Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM dan PT Microsoft Indonesia.

Baik Microsoft dan UGM akan fokus pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintahan.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan konsep smart city tidak dapat dipisahkan dari misi pembangunan bangsa Indonesia melalui 9 kebijakan strategis kabinet kerja. 

"Untuk itu, pemerintah bertekad membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya," ujarnya ditemui tim Tekno Liputan6.com saat menjadi keynote speaker di Symposium Smart City 2016 di UGM, Rabu (7/9/2016).

Ia mengungkapkan pengembangan smart city sudah diterapkan di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Indonesia tak membuka peluang untuk belajar dari pengalaman negara lain, yakni Singapura, Jepang, Tiongkok, dan Korea.

Menurutnya, pengalaman selama ini menunjukkan bahwa kemajuan di beberapa kota yang menerapkan e-Government tidak lepas dari kontribusi teknologi informasi melalui internet.

"Dan saat ini telah menjadi instrumen wajib untuk menghubungkan pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan dunia usaha, serta hubungan antar instansi pemerintah," ucapnya.

Ia juga tidak menampik bahwa penerapan eGovernment belum merata meskipun telah diterapkan sejak 2003 di Indonesia.

Tjahjo berharap simposium ini dapat menginisiasi berbagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan pemerintahan daerah untuk mewujudkan smart city secara bertahap dan berkesinambungan.

Sementara itu, President Director Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro mengatakan penerapan teknologi yang tepat hanyalah salah satu cara untuk mengakselerasi perkembangan smart city.

"Yang lebih penting adalah kolaborasi aktif antara pemerintah, pelaku industri, lembaga pendidikan dan masyarakat terkait untuk mengimplementasikan teknologi tersebut secara berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Data yang dirilis The Networked Readiness Index (NRI) 2015 oleh World Economic Forum menyebutkan Indonesia berada di peringkat 79 dari 143 negara dalam index kesiapan jaringan.

Symposium Smart City 2016 diadakan selama tiga hari mulai 7–9 September 2016 dan terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu symposium dan panel diskusi di hari pertama dan Smart City Training di hari kedua dan ketiga.

Panel diskusi dihadiri oleh 14 kepala daerah dari kota-kota sekunder yang sedang menginisiasi program Smart City, yaitu Depok, Tangerang, Yogyakarta, Banda Aceh, Makassar, Bandung, Serang, dan lain-lain.

 

sources : http://tekno.liputan6.com/read/2596339/kemendagri-gandeng-ugm-dan-microsoft-wujudkan-smart-city

Share with :


< Back

RECENT NEWS

5 Pencapaian Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia 2015

2017/07/26

Sepanjang tahun 2015, bisa dikatakan ada banyak hal yang menarik perhatian kita semua di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Selain berkem

READ MORE >
Bakti Sosial PT. Duo Multi Solusindo - Aladien

2017/07/26

Team Aladien berkunjung ke Panti Sosial Tresna Werdha yang bertempat di kawasan Jakarta Barat dengan tujuan memberikan santunan kepada tunawisma yang

READ MORE >
POWER MAX EXHIBITION & CONFERENCE 2017 - THE LARGEST INTERNATIONAL POWER PLANT MANUFACTURING - AUTOMATION

2017/07/20

POWERMAX 2017 adalah acara internasional yang unik dan menarik yang berfokus pada teknologi, mesin, peralatan, layanan di bidang Panas Bumi, Pembangki

READ MORE >
Kemendagri Gandeng UGM dan Microsoft Wujudkan Smart City

2017/07/12

Demi mewujudkan konsep smart city di Indonesia, Kementerian Dalam Negeri menggandeng Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM

READ MORE >
Machine Learning dan Data Science Bisa Jadi Solusi Kemacetan

2017/07/12

Teknologi informasi komunikasi (TIK) dan data science mendesak diimplementasikan sebagai solusi arus mudik dan arus balik Lebaran yang kerap menimbulk

READ MORE >

PT. DUO MULTI SOLUSINDO


Komplek Green Lake City
Rukan Wallstreet Nomor B-71
Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat 11750 DKI JAKARTA

Phone : +6221 - 5433 6081

info@duoms.id

www.duoms.id

GET SOCIAL WITH US