Mau Selamatkan Bumi? Mulailah Dari Rumah Sendiri!

2017/07/11
admin

Perubahan iklim yang tidak menentu, lapisan ozon yang kian menipis, hingga mencairnya es di kutub utara adalah dampak dari pemanasan global.

Efek dari pemanasan global ini sendiri sebetulnya juga kerap Anda rasakan lewat tingginya suhu udara yang bikin Anda merasa gerah. Kalau sudah begini, Anda pasti langsung menyalakan AC. Padahal, AC sendiri punya peran yang tidak kecil terhadap pemanasan global.

Tentunya bukan hanya AC saja sebagai satu-satunya penyebab. Pemakaian listrik di rumah, limbah rumah tangga, juga menyumbang dampak yang tidak sedikit terhadap kerusakan lingkungan.

Untuk itu mari sama-sama kita terapkan pola hidup yang ramah lingkungan. Dan Anda bisa awali dari rumah Anda sendiri. Baca juga Tips Supaya Perangkat Elektronik di Rumah Tahan Lama.

Caranya, seperti yang dijelaskan Ariseno Ridhwan, salah seorang anggota The Climate Project Indonesia – sebuah komunitas pecinta lingkungan, kepada Rumah.com.

Matikan saat tidak digunakan

Gunakan listrik seperlunya, sewajarnya. Bicara memang gampang, tapi kebanyakan dari kita malah kerap mengabaikannya dan cenderung boros dalam penggunaannya.

Untuk mudahnya, awali dari yang ringan. Matikan lampu saat tidak digunakan. Misalnya lampu ruang tamu, ruang makan, dan dapur pada saat malam hari. Ganti juga lampu kamar dengan lampu yang lebih redup saat mau tidur.

Tinggalkan kebiasaan standby

Standby adalah posisi benda elektronik yang telah dimatikan namun masih tersambung dengan aliran listrik. Dalam posisi ini, benda elektronik masih bisa diaktifkan lewat remote control.

Posisi standby juga menjaga agar benda tersebut tidak terlalu sering mengalami lonjakan listrik, seperti yang terjadi saat menyambungkannya pada stop kontak.

Fitur standby ini sebaiknya hanya digunakan jika Anda sering menggunakan perangkat tersebut. Karena, meski kecil, perangkat elektronik tetap menyerap daya listrik saat standby.

Pastikan bahwa Anda selalu mencabut sambungan listrik perangkat elektronik di rumah seperti televisi, mesin cuci, microwave, jika tidak digunakan dalam waktu lama, seperti saat Anda ke kantor. Bahkan mungkin juga cabut stopkontak lemari es saat Anda hendak pergi liburan.

Hindari pula kebiasaan mengisi daya ponsel yang dibiarkan semalaman. “Bukan cuma menghemat energi, hal ini juga meminimalisir terjadinya bahaya kebakaran,” ujar Ariseno.

 

sources : http://properti.liputan6.com/read/2575441/mau-selamatkan-bumi-mulailah-dari-rumah-sendiri

Share with :


< Back

RECENT NEWS

5 Pencapaian Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia 2015

2017/07/26

Sepanjang tahun 2015, bisa dikatakan ada banyak hal yang menarik perhatian kita semua di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Selain berkem

READ MORE >
Bakti Sosial PT. Duo Multi Solusindo - Aladien

2017/07/26

Team Aladien berkunjung ke Panti Sosial Tresna Werdha yang bertempat di kawasan Jakarta Barat dengan tujuan memberikan santunan kepada tunawisma yang

READ MORE >
POWER MAX EXHIBITION & CONFERENCE 2017 - THE LARGEST INTERNATIONAL POWER PLANT MANUFACTURING - AUTOMATION

2017/07/20

POWERMAX 2017 adalah acara internasional yang unik dan menarik yang berfokus pada teknologi, mesin, peralatan, layanan di bidang Panas Bumi, Pembangki

READ MORE >
Kemendagri Gandeng UGM dan Microsoft Wujudkan Smart City

2017/07/12

Demi mewujudkan konsep smart city di Indonesia, Kementerian Dalam Negeri menggandeng Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM

READ MORE >
Machine Learning dan Data Science Bisa Jadi Solusi Kemacetan

2017/07/12

Teknologi informasi komunikasi (TIK) dan data science mendesak diimplementasikan sebagai solusi arus mudik dan arus balik Lebaran yang kerap menimbulk

READ MORE >

PT. DUO MULTI SOLUSINDO


Komplek Green Lake City
Rukan Wallstreet Nomor B-71
Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat 11750 DKI JAKARTA

Phone : +6221 - 5433 6081

info@duoms.id

www.duoms.id

GET SOCIAL WITH US